My Chemical Romance

My Chemical Romance

Biografi My Chemical Romance

My Chemical Romance adalah grup musik asal New Jersey, yang dibentuk pada bulan September tahun 2001 oleh Gerard Way dan Matt Pelissier. Saat ini, band ini diawaki oleh Gerard Way (vokal), Mikey Way (bass), Ray Toro (lead guitar), Frank Iero (gitar), dan Bob Bryar (drum). Nama band ini terinspirasi oleh buku karangan Irvine Welsh yaitu Ecstasy: Three Tales of Chemical Romance.

My Chemical Romance adalah grup band yang menurut media bergenre pop punk, post-hardcore, "punk revival", rock alternatif. Namun grup ini mendeskripsikan musik mereka sebagai musik "rock" atau "pop yang kasar", dan menolak diklasifikasikan sebagai emo. Grup ini telah merilis tiga album yaitu I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love pada tahun 2002, Three Cheers For Sweet Revenge pada tahun 2004, dan The Black Parade pada tahun 2006.


Dan "Emo" merupakan jenis musik yang masih serumpun dengan punk. Emo sendiri banyak yang menyebutkan berasal dari kata emotion, emotional, atau emotive.

Selain Story of The Year, band-band asing lainnya yang termasuk kategori beraliran emo yaitu Dashboard Confessional, Finch, The Used, Rufio, Thrice, Silverstein, Brand New, Early November, Good Charlotte, Funeral For A Friend, Matchbox Romance, All American Reject, Ataris, dll. Beberapa dari band tersebut ada yang tidak mau menyebutkan diri mereka sebagai band beraliran emo, mereka lebih suka menyebutkan mereka hanya memainkan musik punk rock dengan sedikit sentuhan pop.

Emo identik dengan musik yang berlirik puitis, melankolis, berarti dalam, mengandung banyak kemarahan dan kesedihan tentang kematian, keinginan untuk bunuh diri, ditinggal kekasih, hidup yang susah atau tentang keluarga yang broken home. Lirik-lirik tadi biasanya disuarakan dengan teriakan yang keras, yang menggambarkan kesedihan mereka.

Band-band emo banyak menggunakan suara-suara gitar yang kompleks dalam lagu mereka, namun tidak jarang yang hanya menggunakan gitar akustik saja. Dibanding musik punk, musik emo seringkali lebih soft dan lambat, atau musik emo mirip dengan musik pop-punk namun sedikit lebih rumit. Ciri khas dari aliran ini yaitu teriakan atau growl yang keras dari vokalisnya untuk lebih mendapatkan soul emotional dari lagu yang mereka bawakan.

Ada juga yang menyebutkan emo kepanjangan dari emocore. Tapi emocore sendiri sebenarnya bisa dikatakan aliran yang berbeda dengan emo. Emocore merupakan campuran antara emopunk dan hardcore. Mungkin bisa disebut juga musik hardcore dengan lirik yang
emosional. Static Lullaby, Underoath, serta Saosin adalah sedikit dari banyak band yang beraliran emocore.

Dari segi musikalitas, sulit dibedakan antara musik emo dengan emocore. Bahkan jika didengar secara selintas, nyaris nggak ada beda. Jadi agak rancu juga menyebutkan perbedaan emo dengan emocore. Membedakan antara musik emo dengan punk rock juga cukup sulit, akibatnya orang seringkali menjadi bingung untuk membedakan antara emo,
punk, dan hardcore. Hal ini dipersulit dengan kebiasaan beberapa band yang nggak hanya memainkan satu jenis musik saja, namun mereka sudah teranjur terikat dengan image suatu jenis musik yang biasa mereka mainkan. Maka bila band tersebut memainkan jenis musik yang berbeda maka tidak jarang orang menjadi bingung dan menganggap jenis musik yang
mereka mainkan itu sama. Padahal, sah-sah saja kan bila satu band ingin berganti aliran.

Gerard Way (Vokal)

Gerard Arthur Way (lahir di Newark, New Jersey, 9 April 1977) adalah vokalis dan salah satu pendiri grup musik My Chemical Romance. Ia adalah kakak dari Mikey Way, basis grup musik tersebut.

Gerard lahir di daerah Newark, New Jersey, dimana kehidupan itu sulit untuk keluarganya. Nama orang tua Gerard adalah Donald dan Donna Way. Donald berasal dari Skotlandia dan Donna Lee dari Italia.

Waktu masa kecil, dia dan adiknya, Mikey, selalu dilarang bermain di luar karena daerah tempat tinggalnya sangat berbahaya. Dan di sekolah Gerard juga sering jadi korban lelucon anak-anak lain.

Jadi, Gerard mulai berkreasi dunia-dunia fantasi dan selanjutnya dia mulai menggambar-gambar karakter komik. Di tahun 1995 dia lulus di Belleville High School, dan selanjutnya dia ke New York City School of Fine Arts, dimana dia lulus di tahun 1999 dan mendapat degree Bachelor of Fine Arts.

Setelah itu, Gerard mencari perkerjaan di perusahaan komik dan akhirnya dia menjadi penggambar. Dia sendiri juga berkreasi komik yang bernama The Breakfast Monkey, tapi tidak diterima karena itu sudah terlalu mirip film kartun dari Cartoon Network.

Waktu tanggal 11 september 2001, Gerard lagi berada dekat di World Trade Center. Karena impact peristiwa itu sangat besar, dia memikir untuk formasi band sendiri. Dengan pertolongan adiknya Mikey, dia berhasil untuk mempunyai band sendiri, ya itulah My Chemical Romance.

Gerard suka meniru gaya Freddie Mercury dan Marilyn Manson ketika berada di panggung tetapi tidak pernah mengaku.

Pada tanggal 4 September 2007 akhirnya Gerard mengikat hubungan dengan personil band dari Mindless Self Indulgence,Lyn-Z.Mereka melakukan pernikahan tersebut dalam rangkaian tour Projekt Revolution.Pernikahan dilakukan dengan meminta tolong menjadi saksi dari promotor.Acara itu tanpa pesta yang meriah,hanya ada botol minuman dan makanan kecil namun mereka semua sangat bahagia.

Mikey Way (Bass)

Michael James Way (Lahir 10 September, 1980) adalah bassist untuk band My Chemical Romance dan dia adalah adik dari penyanyi My Chemical Romance, Gerard Way. Pada tanggal 7 Maret 2007, Mikey menikah dengan tunangannya, yaitu Alicia Simmons, di belakang panggung Orleans Arena, Las Vegas sesudah konser band. Dia dinikahkan oleh James Dewees

Ray Toro (Lead Guitar)

Raymond Manuel Toro-Ortiz (lahir 15 Juli, 1977)[1] adalah lead guitarist dan salah satu dari 2 backing vocal dari My Chemical Romance setelah Frank Iero. Dia bermain gitar menggunakan gitar Gibson Les Paul.[2]

Frank Iero (Gitar)

Frank Anthony Iero Jr. (lahir di Belleville, New Jersey, Amerika Serikat, 31 Oktober 1981; umur 27 tahun) adalah pemain gitar dan salah satu dari dua backing vocal My Chemical Romance setelah Ray Toro. Dia lahir di Belleville, New Jersey. Sebelum masuk My Chemical Romance dia adalah anggota grup musik Pencey Prep.

Bob Bryar (Drum)

Bob Bryar, (lahir di Chicago, Illinois, 31 Desember 1979; umur 29 tahun), adalah pemain drum My Chemical Romance. Bryar masuk ke My Chemical Romance untuk menggantikan mantan drummer Matt Pelissier.

Senin, 23 Februari 2009

Jengkel, Marilyn Manson Sindir My Chemical Romance Lewat Lagu

MANSON Ngaku 'Celeb-Freak'? Sebuah lagu yang dilantunkan
oleh penyanyi unik, Marilyn Manson, dalam album
terbarunya, cukup membuat vokalis My Chemical
Romance, Gerard Way, merasa tersinggung.
Pasalnya, dalam lagu itu, Manson meniru habis-
habisan suara sang vokalis rock tersebut.
Sejak album terakhir Manson, Lest We Forget,
My Chemical Romance telah melakukan lompatan
bertaraf internasional dengan kesuksesan yang
diraih mereka dalam album ketiga, The Black
parade. Manson yang melihat perkembangan grup
ini, lantas mengolok Gerard dan mengatakan
bahwa mereka berusaha menyamai dia.
Dalam album terbaru Manson, Eat Me, Drink Me,
dalam lantunannya di lagu berjudul
MUTILATION IS THE MOST SINCERE FORM
OF FLATTERY, ia menyanyikan, "Kamu mencuri
daripada meminjam, kamu mengambil semua
bayangan yang aku buat.. Mutilasi adalah
sanjungan yang tulus, jika kamu ingin seperti aku,
berdirilah di garismu...Sialan!"
Manson menjelaskan, "Aku sangat malu menjadi
diriku sendiri karena orang-orang ini membuat
sesuatu yang menyedihkan, dan mengikuti
bayanganku."
"Jika mereka ingin menyamaiku, ini kuberikan
pisau cukur. Telepon aku saat selesai, dan kita
akan bicara," ujarnya jengkel.
Manson dan My Chemical Romance dijadwalkan
untuk beraksi dalam satu panggung pada Festival
Download di Donington Park, Inggris, pada Jumat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar